Banner JatengPagi.com
Banner JatengPagi.com
banner 728x250
Blog  

Launching Glamour Camping (Glamping) di Ekowisata Kalitalang, Desa Balerante, Klaten

banner 120x600
banner 468x60

Klaten – Ekowisata Kalitalang merupakan salah satu destinasi wisata di Desa Balerante, Klaten. Tempat wisata yang pertama kali dikenal karena selfie spot-nya ini mulai dikembangkan sebagai lahan untuk kemping bagi para penikmat alam. Salah satu keunggulan Ekowisata Kalitalang adalah lahannya yang masih asri dan berada di lembah Gunung Merapi sehingga menawarkan keindahan pemandangan alam Gunung Merapi dan juga tebing yang terbuat secara alami dari aliran lahar dingin ketika Gunung Merapi erupsi.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Desa Balerante untuk terus memajukan Ekowisata Kalitalang adalah bekerja sama dengan tim Matching Fund Polines dalam Program Matching Fund 2023. Proposal yang diusulkan oleh tim Matching Fund Polines dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat dengan Pengembangan Wisata Glamour Camping (Glamping) dan Digital Branding Desa Balerante” berhasil didanai oleh Kemdikbudristek dan pada hari Minggu (22/10/2023), diadakan launching prototype glamour camping (glamping) di Ekowisata Kalitalang sebagai salah satu luaran dari Program Matching Fund. Dengan di-launching-nya glamping di Ekowisata Kalitalang menjadikannya sebagai wisata glamping pertama di Kab. Klaten.

banner 300x250

Launching prototype glamping dihadiri oleh tim Matching Fund Polines dan kepala desa beserta warga desa dan para wisatawan yang berkemah di area Ekowisata Kalitalang. Setiap pengunjung dapat menikmati jajanan khas Desa Balerante seperti pisang rebus, kacang rebus, dan singkong rebus.

Kegiatan launching ini berisi serah terima seperangkat peralatan glamping oleh Ibu Siti Arbainah, S.E., M.M. selaku ketua tim Matching Fund Polines kepada Desa Balerante yang diwakili oleh Bapak Sukono, Kepala Desa Balerante.

Ibu Siti Arbainah selaku ketua tim Matching Fund Polines menyatakan, “Seperangkat peralatan glamping ini kami serahkan kepada Desa Balerante untuk dikelola dengan sebaik-baiknya. Semoga dengan adanya glamping ini dapat membantu meningkatkan minat wisatawan dan menaikkan jumlah kunjungan, tidak hanya dari area Klaten, tapi juga dari luar daerah.”

Pak Sukono selaku Kepala Desa Balerante juga menyampaikan ucapan terima kasihnya, “Terima kasih kepada tim Matching Fund Polines atas kerja samanya yang luar biasa. Saya juga sepakat dengan Ibu Arbainah, seperangkat glamping ini kami harapkan dapat membantu menaikkan branding Desa Balerante sebagai desa wisata dan dapat menaikkan jumlah kunjungan wisatawan ke Ekowisata Kalitalang.”

Pak Yuli selaku pengelola glamping Ekowisata Kalitalang menambahkan, “Selain glamping yang baru saja di-launching, kami juga menyediakan berbagai jenis tenda yang dapat disewa oleh wisatawan. Para wisatawan yang berminat dapat menghubungi kami melalui media sosial Instagram Kalitalang untuk bertanya seputar harga dan fasilitas.”

Launching prototype glamour camping (glamping) dilanjutkan dengan kegiatan potong tumpeng dan foto bersama antara tim Matching Fund Polines dengan kepala desa dan perwakilan Desa Balerante.  Potong tumpeng yang dilakukan merupakan perwujudan rasa syukur atas di-launching-nya glamping di Kawasan Ekowisata Kalitalang.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara hiburan yang diisi oleh pentas tari anak-anak SD Desa Balerante. Suasana semakin meriah ketika para pengunjung memberikan saweran kepada anak-anak SD.

Kegiatan launching glamping ditutup dengan doa. Glamping di Ekowisata Kalitalang yang merupakan wisata glamping pertama di Kab. Klaten diharapkan dapat menarik minat wisatawan sehingga dapat menaikkan jumlah kunjungan, tidak hanya dari Klaten, tapi juga luar daerah. Selain itu, dengan adanya glamping, diharapkan dapat mengukuhkan branding Desa Balerante sebagai desa wisata./rls

banner 300x250

Tinggalkan Balasan